BERITA

Catatan Enam Tahun Kabupaten Buton Selatan

PUBLIKSATU – Berbagai upaya untuk mengembangkan potensi perikanan di Kabupaten Buton Selatan terus digenjot. Apalagi potensi perikanan di selatan Pulau Buton ini dikenal melimpah yang meliputi jenis ikan pelagis besar dan kecil, serta demersal.

Kabupaten Busel yang menjadi bagian dari Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia 714 (WPP RI 714), secara rata-rata mampu berkontribusi melalui produksi perikanan tangkap dengan jumlah rata-rata 35,452,429kg/tahun. Angka tersebut adalah tidak termasuk pelagis besar tuna dan cakalang (KepMenKP No.50, 2017).

Untuk pengembangan ini, masyarakat nelayan di sejumlah wilayah kecamatan terus diberi dorongan untuk meningkatkan produksi. Mulai dari pemberian bantuan rompong, kapal 3 GT, kapal 1 GT dan beberapa bantuan alat tangkap lainnya.

Bangkitkan Sektor Pariwisata Daerah

Momentum kebangkitan pariwisata daerah Kabupaten Buton Selatan dimulai dengan digelarnya Buton Selatan Festival (BSF) pada 2019 lalu. Berbagai atraksi budaya dikemas sedemikian rupa untuk ditampilkan ke muka umum.

Untuk pagelaran budaya ini, H. La Ode Arusani merangkul perangkat adat yang biasa disebut “Parabela”. Segala prosesi dan ritual budaya dilestarikan sebagai salah satu kekayaan daerah.

Tak hanya kearifan lokal budaya, Busel juga memiliki spot wisata yang keindahannya tak bisa dipandang sebelah mata. Salah satunya surga bawah laut Batu Atas yang menyajikan keindahan terumbu karang dihiasi ikan warna warni berbagai jenis.

Tak kalah cantik, spot wisata di Pantai Bahari Desa Bahari II Kecamatan Sampolawa. Spot wisata ini digadang-gadang mirip Raja Ampat di Papua sehingga banyak orang menamainya dengan “Ratu Ampat”.

Ada pula Bukit Lamando di Desa Sandang Pangan, Kecamatan Sampolawa. Spot ini bahkan masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 sebagai dataran tertinggi terpopuler yang bersaing dengan sembilan destinasi wisata daerah lainnya di Indonesia.

Selain spot wisata ini, tentu masih banyak spot wisata daerah yang bisa dieksplore lebih jauh dan tentu tak bisa dilewatkan begitu saja.

Sumber: Dinas Kominfo Busel

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan