BERITA

PUBLIKSATU – Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani melakukan panen perdana ikan bandeng pada tambak di Kelurahan Bandar Batauga, Kecamatan Batauga, Jumat (24/7/2020). Hal ini merupakan hasil dari bantuan 20 ribu bibit ikan bandeng dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Busel pada tahun 2019 lalu.

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Bupati Arusani menilai, tambak seluas 10 hektare binaan DKP itu bisa dikembangkan menjadi wisata pemancingan.

“Potensi pengembangan ekowisata tambak di bandar batauga kurang lebih 10 ha, ini sangat kecil namun mampu untuk mendorong perekonomian kelompok, yaitu dengan konsep wisata pemancingan. Datang mancing sendiri dan dibeli kemudian dibakar dan bisa dapat disantap ditempat oleh pengunjung,” kata Bupati Arusani.

Olehnya itu Bupati Arusani meminta kepada DKP agar terus melakukan pembinaan untuk pengembangan potensi wisata tambak.

Pada kesempatan yang sama orang nomor satu Busel itu juga meminta camat dan lurah agar segera mengecek masyarakat yang mau membudidayakan ikan bandeng ataupun agar-agar guna diberikan bantuan. Di tambak Bandar Batauga saat ini ada sebanyak 3 kelompok dengan total 11 petak yang beberapa diantaranya telah siap panen.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan La Kali mengatakan, bukan hanya di Bandar Batauga, pihaknya juga sementara memprogramkan pengembangan kawasan budidaya tambak di Kecamatan Sampolawa pada tahun 2021.

Sumber : https://publiksatu.co/2020/07/24/panen-perdana-ikan-bandeng-bupati-arusani-dorong-konsep-wisata-pemancingan-195903

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan