BERITA

Setelah melewati tahapan seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) resmi dilantik, Kamis (19/12).

Pelantikan dipimpin langsung Plt Bupati Busel H La Ode Arusani. Pelantikan berdasarkan SK nomor 532 tahun 2019 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Dalam Jabatan Administrator dan Pengawas Lingkungan Pemkab Busel di Aula Gedung Wisata Rujab. Pelantikan ini juga sudah mengantongi rekomendasi KASN hasil seleksi terbuka penilaian ASN.

 

Plt Bupati Busel H La Ode Arusani mengatakan, semoga amanah dipegang bersama untuk membangun daerah ini. Amanah yang diberikan itu dijalankan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Amanah yang diberikan dimanfaatkan sebaiknya untuk berbakti kepada daerah dan seluruh rakyat Busel. Pelantikan maupun rolling jabatan ini merupakan hal yang wajar dalam birokrasi pemerintahan. Sehingga ada penyegaran kinerja tiap OPD.

“Bapak-bapak yang sudah dilantik ini harus kuat, bagaimana kita melangkah maju mengungguli kabupaten lain di 17 kabupaten di Sultra,” kata Plt Bupati Buton Selatan, H La Ode Arusani saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut orang nomor satu di Busel ini berharap dan meminta kepada yang dilantik agar serius mengemban amanah yang telah diberikan.

 

“Saya harapkan kalian bukan loyal sama saya, tapi loyal sama daerah pasti akan saya pertahankan jabatannya. Nawaitu kita untuk Buton Selatan. Supaya kita dikenal di mana-mana. Buton Selatan sebagai kabupaten percontohan,” harapnya

Ia mengaku alasan beberapa sekretaris dinas dilantik dan dirolling ditempat yang berbeda dari sebelumnya sengaja dilakukan beberapa kali untuk persiapan memasuki eselon II. Sehingga memiliki pengalaman di tiap instansi yang berbeda-beda. “Karena ada sebagian pejabat ini sebagian besar dari guru. Makanya kita lantik dan digeser beberapa jabatan,” katanya.

Ia mengaku tidak pernah minta uang dalam pelantikan. Karena tidak ada beban untuk menggeser.

Ia berharap kepada eselon tanggung jawab berat progres serapan kinerjanya tidak baik maka akan digeser.

 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Busel, La Ode Firman Hamza mengatakan, setelah pengumuman ini panitia seleksi akan membuat dokumen ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Kemudian kata dia, dokumen hasil seleksi akan dilanjutkan ke Kemendagri untuk persetujuan pelantikan.

“Pansel membuat dokumen ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi hasil seleksi terbuka yang didalamnya berisi ditujukan kepada Bupati Busel untuk menunjuk salah satu nama yang ada dalam tiga besar,” kata La Ode Firman Hamza saat ditemui di ruang kerjanya.

Firman menjelaskan, beberapa nama yang dilantik eselon II baru saat ini sesuai hasil seleksi terbuka jabatan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Yang dilantik berdasarkan hasil seleksi terbuka eselon II Desember lalu yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Buton Selatan Ahmad Syahroni SE jabatan lama Sekdin Kominfo Busel.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Buton Selatan Dr Ali Rosdin MHum jabatan lama widya swara pengembangan SDM Sultra.

Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan La Ode Budiman SKM Mesir jabatan lama Sekdin Kesehatan

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Buton Selatan La Kali SPd sebelumnya Camat Sampolawa.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Buton Selatan Muhammad Thahir SPd MM sebelumnya camat Siompu.

 

Kepala Badan Keuangan Daerah Buton Selatan La Diadi Kabag Keuangan Setda Busel jabatan baru sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah.

Sementara itu pejabat eselon II yang digeser bersamaan dengan pelantikan pejabat eselon II baru yakni H Taatlan kadis DKP bergeser dilantik menjabat Kadis Sosial Busel.

Vivianti Nafi Sekdin Badan Keuangan dilantik dalam jabatan baru Kadis Kelautan dan Perikanan Busel. Pada seleksi eselon II sebelumnya menjadi peserta tiga besar di DKP.

La Maiminu Kadis Kesbang Pol Busel bergeser dilantik dalam jabatan baru Kadis Ketahanan Pangan Busel. Staf Sekretariat Daerah La Amiri memasuki masa pensiun sebelumnya menjabat Kepala Balitbang.

Camat Batauga La Hardin dilantik pada jabatan baru eselon II sebagai Kepala Badan Kesbang Pol Busel. Begitupun juga dengan La Hardin ikut seleksi eselon II sebelumnya masuk tiga besar pada Kesbang Pol.

Sementara itu eselon III yang dilantik juga yakni Suharudin Singka Sekdin Kebudayaan dilantik jabatan baru Sekdin Kominfo Busel.

La Singepu Kabid di DLH dilantik Sekdin Kebudayaan, Faharudin dari guru SMPN 1 Batauga dilantik jadi Sekdin Keuangan.

La Sensu dari Kabid Pol PP dilantik Kabag Keuangan Setda Busel. Sekretaris Dinas Kesehatan Buton Selatan, La Mali.

 

Tiga camat yang ikut dilantik yakni Syarifudin menjabat camat Batauga. Saharudin jabatan sebelumnya guru SMPN 1 Siobar dilantik jadi Camat Siompu. La Ode Muhammad Hamid jabatan sebelumnya guru SDN 1 Katilombu jadi Camat Sampolawa. (aga)

Sumber : https://publiksatu.com/10-eselon-ii-dan-tiga-camat-dilantik-171725

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan