BERITA

Arusani: Kami Terbuka Kepada Investor

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) membuka ruang lebih terbuka kepada para investor yang hendak menanamkan modal di wilayah Bumi Gajah Mada itu. Hal ini untuk membuka peluang percepatan pembangunan di Busel.

Menurut Bupati Busel H La Ode Arusani, pihaknya lebih terbuka kepada para pengusaha untuk membantu membangun wilayah yang dipimpinnya tersebut agar lebih maju dan berdaya saing. Pemkab juga, kata dia, akan mempermudah sejumlah sistem perizinan jika ada investor yang berminat membangun.

 

Salah satu bukti nyata yang akan diwujudkan dalam mendukung investor masuk di Busel adalah soal perizinan. Serta membangun sektor penujang pembangunan infrastruktur untuk memudahkan para investor membangun di Busel. “Sesuai arahan Bapak Presiden kita lebih terbuka kepada investor, soal izin gampang,” ujarnya.

Kata dia, saat ini Pemkab Busel lagi gencar-gencarnya membangun infrastruktur dasar. Salah satunya membangun pelabuhan nusantara di Kelurahan Majapahit-Masiri, di Kelurahan Bandar Batauga untuk mendukung sector perikanan dan kelautan. Yang menjadi salah satu penopang potensi unggulan di wilayah tersebut.

“Kita sudah membangun infrastruktur, kita sangat mendukung adanya investor,” katanya.

 

Ia menjelaskan, pemkab Busel juga mendukung dari sisi penganggaran soal invistasi di tahun 2020 mendatang. Pihaknya juga akan berupaya membangun komunikasi antara pemerintah pusat dan provinsi.

“Pembangunan infrastruktur jalan air bersih dan lainya sudah kita lakukan salah satu tujuanya untuk mendukung investasi masuk di Busel,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sultra Ali Mazi meminta Bupati La Ode Arusani untuk memajukan daya saing wilayah untuk mendorong peningkatan perekonomian daerah. Salah satunya adalah investasi. “Kita butuh investasi karena merupakan instrument off development acceleration atau alat percepatan pembangunanm,” ujarnya.

 

Kata Ali Mazi dengan demikian mutlak perlu upaya-upaya peningkatan investasi. Bahkan pemerintah provinsi menetapkan kebijakan dimana sebagian proyek-proyek pemerintah dilaksanakna dengan berbasis investasi. Yang bertujuan agar pelaksanaan proyek dapat menggerakan seluruh sector ekonomi yang ada di daerah.

Menurutnya, untuk mendukung investasi di daerah diperlukan fasilitas yang dibangun tidak hanya melayani daerah. Tapi juga mampu melayani kecenderungan peningkatan pertumbuhan investasi. Selain itu, yang tidak kalah penting dalam hal investasi adalah harus menciptakan iklim yang kondusif.

Antara lain menghadirkan keamanan, kenyamanan, kemudahan perizinan, kepastian hokum serta proses pengurusan yang bebas pungli, cepat dan efisien. Agar investor mau menanamkan investasi di Busel yang memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah.

Ia juga meminta lokasi pengembangan wilayah dan investasi yang tidak kalah penting adalah penyiapan rencana umum tata ruang wilayah Kabupaten Busel untuk segera ditetapkan. Olehnya itu maka penyelesaian batas administrasi wilayah khususnya dengan Kota Baubau dan Buton agar secepatnya di selesaikan. (aga)

Sumber : https://publiksatu.com/ali-mazi-minta-peningkatan-pertumbuhan-investasi-174458

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan