ARTI LAMBANG

Bentuk dasar dari lambang daerah Buton Selatan adalah simbol bentuk jantung, melambangkan bahwa isi dari pada lambang ini tertanam dan bersumber dari hati rakyat Buton Selatan yang cinta akan kebersamaan dan gotong royong. Lambang daerah Busel dijiwai oleh pancasila sebagai ideologi NKRI, yang terpampang jelas dalam wujud kesucian.

Bintang segi lima berwarna emas : Dengan jiwa pancasila hendaknya dalam menggapai cita-cita, usaha untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dengan memohon ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Padi dan kapas : Wujud kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Buton Selatan, baik sandang maupun pangan.

Lambang kapas : Menunjukan cita-cita tercukupinya kebutuhan sandang, gambar kapas yang berjumlah 16 kapas, menandakan Kabupaten Buton Selatan sebagai daerah Otonomi baru yang dimuat dalam Undang-undang No. 16 Tahun 2014.

Lambang Padi : Menunjukan cita-cita tercukupinya kebutuhan pangan untuk seluruh lapisan masyarakat Buton Selatan Gambar biji padi yang berjumlah 24 menandakan bahwa pada tanggal 24 Juni 2014, disahkanya Kabupaten Buton Selatan sebagai daerah Otonomi baru.

Gambar benteng : Pertahanan Kesultanan Buton pada wilayah Batauga, Siompu dan sekitarnya, menggambarkan bahwa sejarah Kesultanan Buton, benteng merupakan pertahanan wilayah yang sangat penting keberadaanya. Hal ini menggambarkan wujud pertahanan masyarakat Buton Selatan atas berbagai macam ancaman baik ancaman keamanan, ekonomi, sosial, budaya dan politik yang bertentangan dengan falsafah masyarakat Buton selatan. 6 (enam) undakan dalambenteng diartikan sebagai Bulan ke 6 (Juni) dalam kalender masehi yaitu pada bulan Juni sebagai bulan terbentuknya Kabupaten Buton Selatan sebagai daerah otonomi baru.

Gambar Perahu layar : Masyarakat Buton Selatan sebagai pelaut ulung dalam mengarungi samudra sedang warna biru laut yang dinamis, memberikan makna akan sifat kemaritiman dari Masyarakat Buton Selatan yang sangat terkenal sejak dahulu hingga sekarang ini. Serta gambar layar perahu berwarna putih melambangkan ketulusan dalam setiap perjuangan demi mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Disamping itu juga laut merupakan kekayaan alam, disekitarnya merupakan modal besar dalam usaha mendatangkan kemakmuran di daerah Buton Selatan.

Lingkaran Merah dan Putih : Lambang ikatan/pemersatu jiwa berani dan suci bagi masyarakat Buton Selatan, sehingga dengan adanya satu ikatan yang suci ini dapat mempersatukan seluruh komponen yang ada di Kabupaten Buton Selatan.

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan