BERITA

Kabupaten Buton Selatan (Busel) terdiri tujuh kecamatan, 60 desa dan 10 kelurahan. Di beberapa kecamatan, ada desa yang dianggap sudah layak untuk dimekarkan.

Plt Bupati Busel, H. La Ode Arusani mendorong desa-desa yang layak mekar untuk dimengajukan permohonan pemekaran desa. Namun demikian, permohonan pemekaran harus disetujui seluruh elemen masyakarat yang ada di desa, mulai dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemuda, pemerintah desa hingga pemerintah kecamatan.

 

Dia juga meminta agar para kepala desa (Kades) tidak menghalangi semangat masyarakat untuk memekarkan desa. Sebaliknya, kata Arusani, Kades harus mendukung penuh pemekaran desa.

Bahkan Arusani juga mendorong masyarakat dan pemerintah desa agar desa-desa yang sudah layak mekar secepatnya diusulkan, sehingga 2020 ini bisa diproses.

“Seperti di Kecamatan Kadatua, Desa Banabungi dan Banabungi Selatan itu sudah bisa mekar jadi beberapa desa. Desa Lamaninggara, Mbanua di Kecamatan Siompu Barat dan Desa Tira di Kecamatan Sampolawa. Begitu juga di Kecamatan Siompu, Lapandewa dan Batuatas,” ujar Arusani saat tatap muka dengan para Kades se-Busel, di gedung Lamaindo beberapa waktu lalu.

Namun demikan, Arusani menekankan agar dalam pengusulan pemekaran desa, paling panting adalah menyelesaikan terlebih dahulu masalah tapal batas masing-masing desa sehingga tidak ada masalah dikemudian hari. Pasalnya, sejauh ini tapal batas wilayah desa masih saja menjadi persoalan. Padahal, masalah tapal batas menjadi salah satu poin penting dalam usulan pemekaran desa.

 

Selain itu, jika tapal batas sudah clear, pengusualan pemekaran desa sudah bisa didorong ke Pemkab Busel untuk diproses lebih lanjut. “Semua harus melalui mekanisme sehingga tidak muncul desa fiktif,” jelasnya.

“Selain itu, tapal batas harus clear supaya tidak ada saling klaim wilayah. Sehingga percepatan pembangunan di desa juga bisa cepat terwujud,” tambahnya.

Targetnya adalah, tahun 2020 ini sudah bisa ada penambahan jumlah desa di Busel. “Dengan penambahan jumlah desa, beberapa kecamatan juga bisa ikut pengusulkan pemekaran wilayah,” demikian Arusani. (sr)

Sumber : https://publiksatu.com/arusani-dorong-pemekaran-desa-di-busel-173511

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan