BERITA

BUPATI BUTON SELATAN H LA ODE ARUSANI MENANDATANGANI KONTRAK PERJANJIAN PINJAMAN DI BANK SULTRA. IST

SHARE

 

TWEET

 

SHARE

 

EMAIL

 

COMMENTS

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, KENDARI–Pemerintah Kabupaten Buton Selatan resmi mengajukan pinjaman investasi daerah melalui Bank Sultra senilai Rp 94.889.600.000. Ini ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian kredit pinjaman daerah Pemerintah  Kabupaten Buton Selatan bersama  Bank Sultra, Jumat (26/6/2020). 

Bupati Busel H La Ode Arusani atas nama pemerintah daerah Kabupaten Buton Selatan menandatangani dokumen MoU kredit pinjaman tersebut. Sedangkan Bank Sultra yang diwakili Plt Direktur Utama Abdul Latif.

Proses pembahasan utang Pemda ini sudah melalui tahapan di DPRD. Sempat alot dinamika pembahasan persetujuan pinjaman utang itu. Namun akhirnya melunak, mengaminkan pinjaman tersebut. Proses pembahasan secara politis pun berakhir. Sebelumnya juga sudah melalui proses tahapan di Kementrian.

Dalam penandatanganan kontrak perjanjian itu disaksikan Ketua DPRD La Ode Armada serta beberapa anggota. Hadir juga sejumlah kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Buton Selatan. Juga dari pihak notaris.

Pinjaman kredit Pemkab Busel ke Bank Sultra tersebut sebesar Rp.94.889.600.000,. Rencananya diperuntukan untuk pembiayaan pembangunan sarana infrastruktur pelayanan publik berupa Rumah Sakit Umum daerah Rp. 70.000.000.000.

Sisanya duit itu untuk porsi pembangunan dermaga rakyat Rp. 24.889.600.000 yang berlokasi di Kelurahan Bandar Batauga Kecamatan Batauga. Sesuai rencana angsuran pinjaman ini selama 21 bulan kedepan.

Bupati  Busel H La Ode Arusani mengatakan, jika sudah dicairkan uang pinjaman daerah itu akan diperuntukan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur daerah. Rencananya akan direalisasikan pada  tahun 2020, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Buton Selatan.

Hal ini dilakukan untuk menggenjot proses percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur dasar di Kabupaten Buton Selatan yang baru memasuki usia 6 tahun itu. “Rencananya untuk pembangunan fasilitas infrastruktur RSUD Busel dan pembangunan pelabuhan rakyat di Bandar Batauga, ” katanya.

Di waktu yang sama juga dilakukan penandatanganan kerja sama pemerintah Kabupaten Buton Selatan dengan bank Sultra untuk pembayaran PPB online di Busel. Hal ini dilakukan guna mempermudah dan meningkatkan percepatan pelayanan kepada masyarakat yang berbasis IT.

Kepala Badan Keuangan Daerah Busel La Ode Karman membenarkan hal ini. Dikatakannya pengajuan pinjaman itu sudah melalui proses tahapan prosedur. Baik melalui persetujuan DPRD Busel di Kementrian Dalam Negeri dan Keuangan.

“Angsuran pinjaman akan dijalani selama 21 bulan, ” kata Karman. (adm)

Sumber : http://butonpos.fajar.co.id/bangun-mega-proyek-rsud-dan-pelabuhan-pemkab-busel-meminjam-rp-948-miliar/

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan