BERITA

Bupati Buton Selatan (Busel) H La Ode Arusani yakin dengan dibukanya kantor kas Bank Sultra di Kecamatan Siompu Barat akan memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan. Perputaran ekonomi masyarakat juga akan semakin hidup.

“Karena kalau hitung-hitung jarak yang selama ini mereka tempu cukup jauh, dan mereka harus ke Baubau atau ke Batauga. Kalau hitung-hitung biaya, sangat besar. Untuk transportasi PP saja minimal Rp 150 ribu, belum makannya. Kalau dikirimkan Rp 500 ribu, kan tidak cukup,” urai La Ode Arusani.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan masuknya Bank Sultra di Pulau Siompu akan memudahkan masyarakat. Dari sisi biaya pengeluaran dapat ditekan, bahkan dari sisi waktu juga masyarakat bisa leluasa.

Selain itu, kata Arusani, hadirnya Bank Sultra juga akan memudahkan bagi masyarakat yang berkunjung di Siompu dan Siompu Barat yang tidak perlu lagi khawatir kehabisan uang. “Kan ada ATM. Kan ada bank,” imbuhnya.

Lanjut Arusani, kebetulan Pemkab Busel saat ini sedang menggenjot sektor pariwisata, termasuk spot-spot pariwisata di Pulau Siompu. Sehingga para wisatawan yang bekunjung di Pulau Siompu tidak ragu dengan keuangan mereka.

Ditambah lagi ke depan pelabuhan feri akan dibangun dan dioperasikan. Hal ini jelas akan mampu menopang dan menghidupkan perekonomian masyarakat di Pulau Siompu secara umum.

Nah, dengan hadirnya Bank Sultra di Desa Molona, Arusani meyakini mampu memudahkan seluruh pelayanan masyarakat dalam hal keuangan.

Ia juga menambahkan, Pemkab Busel juga akan mengintervensi pertumbuhan ekonomi baru lainya di Busel dengan membuka bank. Sehingga pelayanan transaksi perekonomian keuangan wilayah lain akan semakin pesat pertumbuhanya.

Dearah lain yang menjadi target akan dibukakan juga pelayanan bank adalah Kecamatan Batuatas, Kadatua dan beberapa kecamatan yang belum memiliki bank. Alasanya, Pemkab Busel lagi gencar-gencarnya meningkatkan pertumbuhan pariwisata di Busel.

Dengan demikian diharapkan wisatawan yang berkunjung tak lagi kesulitan soal keuangan. Sudah disiapkan fasilitas pendukung untuk transaksi keuangan. Begitupun juga dengan trankasi keuangan lainya diantaranya hasil pertanian, keluatan warga Busel.

“Jadi wisatawan yang datang ke Busel tidak lagi susah mau menarik uang, begitupun juga keluarga kita yang ada di luar daerah kalau mau mengirim uang tidak lagi ke Baubau. Kalau yang dikirim Rp 500 ribu tetap utuh diterima. Tidak lagi habis disewa kendaraan ke Baubau,” katanya.

Ia menjelaskan begitu pula potensi perikanan dan keluatan. Jika ada pengusaha yang ingin transaksi membeli ikan atau hasil laut. Tinggal transaksi mengirim melalui ATM atau bank yang akan dibangun ini. “Misalnya ada pengusaha atau wisatawan yang datang ke Busel tidak lagi perlu bawa uang tunai, nanti sampai di Batuatas atau di Siompu misalnya sudah ada ATM dan banknya tinggal gesek kartu ATM keluar uang tunai,” tutupnya.

Setelah melakukan survei kelayakan atas usulan pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel), akhirnya Bank Sultra resmi membuka kantor kas di Desa Molona Kecamatan Siompu Barat, pada Senin (9/12).

Berdasarkan data, penghimpun dana kas di Bank Sultra ada di wilayah Kepulauan. Oleh karena ini Bank Sultra sangat merepon usulan pembukaan kantor kas di Desa Molona Kecamatan Siompu Barat.

“Secara kasat mata, di wilayah kepulauan tidak ada kehidupan. Tapi tunggu dulu, di sana ternyata perantau banyak,” demikian diungkapkan Kepala Divisi Sekretaris Bank Sultra, La Ode Muhammad Mustika.

Nah untuk maksimalkan kantor kas di Kecamatan Siompu Barat, kata Mustika, Bank Sultra juga akan menempatkan tenaga profesional yang lebih memahami watak dan karakter masyakarat di Pulau Siompu pada umumnya.

Selain kantor kas di Desa Molona Siompu Barat, akhir Tahun 2019 ini Bank Sultra juga membuka lima kantor kas di Sultra. Pertama di Wandaloli Kota Kendari. “Hari ini dua yang dibuka yakni di Desa Molona Kecamatan Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan dan di Kolono Kabupaten Konawe Selatan,” imbunya.

Berikutnya akan dibuka lagi kantor kas sawah di Konawe Utara. Hari Rabu ini (11/12), akan dibuka lagi di Dongkala Kabupaten Bombana. Terakhir kantor kas bank Sultra untuk Pemkab Kolaka Timur (Koltim).

Dijelaskan Mustika, pembukaan kantor kas ini untuk menjawab pelayanan masyarakat yang sulit dijangkau. “Seperti yang saudara-saudara liat, seperti di Pulau Siompu, kalau masyarakat bertransaksi mereka harus ke Batauga atau Baubau. Jadi dengan dibukanya kantor kas ini masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh untuk melakukan transaksi. Mereka cukup melakukan transaksi di Pulau Siompu yang ada di Kecamatan Siompu Barat,” jelasnya.

Setelah diresmikan kantor kas di Kecamatan Siompu Barat ini langsung beroperasi dan masyarakat sudah bisa melakukan transaksi.

Menurut dia, antusias masyarakat cukup positif. Bahkan sesaat setelah dibuka, sejumlah masyarakat di Pulau Siompu langsung membuka rekening di kantor kas Desa Molona. Hal ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah Busel dalam hal ini Plt Bupati Busel, H. La Ode Arusani serta pemerintah Kecamatan Siompu dan Siompu Barat.

Dikatakan, jumlah kantor kas per September 2019 adalah 56. Maka dengan dibukanya enam kantor kas yang baru ini jumlahnya sudah 62. Sementara untuk kantor cabang Bank Sultra saat ini ada 12 dan cabang pembantu empat serta satu kantor pusat. (aga)

Sumber : https://publiksatu.com/bank-sultra-buka-kas-di-siompu-arusani-yakin-perputaran-ekonomi-masyarakat-hidup-169612

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan