BERITA

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) saat ini terus berupaya melakukan pembenahan dan pembangunan infrastruktur dasar. Pada tahun 2020 Pemkab telah menentukan beberapa fokus pembangunan prioritas.

Termasuk tahun 2019 ini pengerjaan ruang terbuka hijau (RTH) Taman Batauga. Taman tersebut dihiasi dengan ikon Busel yakni perahu kayu Boti. Penataan RTH yang menelan anggaran sekitar Rp 985 juta itu kini sudah rampung.

Perahu Boti ini juga dijadikan maskot pada Buton Selatan Festival 2019 yang akan dimulai tanggal 29 November hingga 1 Desember.

“Perahu Boti tolong dipercepat supaya ikon Buton Selatan ini nampak,” kata Plt Bupati Buton Selatan, H La Ode Arusani kepada wartawan di Rujabnya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Arusani berharap agar Taman Batauga tersebut memberi warna baru sehingga dapat menarik pengunjung atau wisatawan. Bukan hanya sekedar selfie untuk mengabadikan momen, tetapi juga bisa mengenal ikon Buton Selatan perahu kayu Boti.

“Jangan cuma menempel di sini (logo.red) perahunya, tapi harus ada selfienya juga. Pasti akan berdatangan orang,” harapnya.

“Mungkin juga nanti ada pembangunan tugu bawang di simpang tiga Lapandewa, karena di sana ikonnya bawang. Mungkin di Rongi juga boti. Di Siompu itu di simpang antara Siompu barat dan Siompu induk itu disimpan tugu jeruk Siompu,” cetusnya.

Untuk diketahui, Boti atau Lambo merupakan bukti kehebatan masyarakat Buton pada umumnya mengarungi ganasnya samudra. Karena dengan kapal yang terbuat dari kayu tersebut pelaut Buton mampu menjelajah hingga ke Madagaskar, wilayah Afrika.

Sampai saat ini di Buton Selatan masih banyak yang menggunakan perahu Boti berlayar antar pulau, seperti di Desa Tira dan masyarakat Sampolawa pada umumnya. (sim)

Sumber : https://publiksatu.com/boti-jadi-maskot-buton-selatan-festival-166967

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan