BERITA

Batauga, 10 Desember 2020, Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Buton Selatan, Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekertaris Daerah Drs. La Siambo, Assiten II Setda Ir. La Ode Mpute beberapa Kepala OPD, Kepala BPM Provinsi Sultra Drs Tasman Taewa, Kepala BPKP Sultra Ibu Nani Kartika Nasution, Kepala Seksi Bank KPPN Baubau Bapak Adhi Kus Setyafitrinugroho, SE, Camat Sekabupaten Buton Selatan dan 20 Orang Kepala Desa.

Mewakili Bupati Buton Selatan, Sekertaris Daerah membacakan sambutan Bupati Buton Selatan menyampaikan bahwa Pemrintah Kabupaten Buton Selatan menyambut baik kegiatan ini guna meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan dana desa, karena "Kuatnya Desa akan turut menopang Ketahanan Perekonomian Nasional"

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan setiap tahunya mengalokasikan 10% dari APBD untuk Dana Desa, alokasi dana desa tahun 2020 adalah Rp. 61.159.126.980 yang sampai tertanggal 8 Desember 2020 seluruh desa telah selesai tersalur 100% melalui 3 tahap dan di manfaatkan dana tersebut yang khusus pada tahun 2020 difokuskan pada Jaringan pengaman sosial, BLT, dan tanggap Covid desa guna penangganan dampak Covid-19;

Saat menyampaikan laporan Ketua panitia menegaskan kegiatan ini mengusung Tema "Pengelolaan Dana Desa yang Cepat, Tepat dan Terpadu sebagai Upaya Penanganan Dampak Ekonomi akibat Covid-19" serta bertujuan untuk (1). Meningkatkan kapasitas pegawai pemerintah daerah, kecamatan, dan perangkat desa dalam mengelola dana desa termasuk Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa, (2). Mendorong pengelolaan agar dana desa termasuk BLT yang bersumber dari DD lebih transparan dan akuntabel, kegiatan ini selain berlangsung dengan tatap muka juga disediakan secara akun Virtual bagi 40 Desa yang tidak dihadirkan untuk mengikuti di Desanya masing-masing.

Pada Kegiatan ini trurut diserhkan Sertifikat Penghargaan dari Menteri Desa kepada 59 desa yang diwakili oleh 10 Kepala Desa di Buton Selatan yang dianggap Berhasil dalam mengelola BLT DD Tahap 1 sampai Tahap 9 tahun 2020.

Kepala BPM Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. Tasman Taewa mengapresiasi capaian Kabupaten Buton Selatan sebagai kabupaten yang berhasil mengelola dana Desa dan termasuk kabupaten yang berhasil dan tanggap dalam memanfaatkan dana desa guna meminimalisir dampak Covid-19 kepada masyarakat, semoga dapat

ditingkatkan dan dipertahankan capaian ini.

#BuselBerdayaSaing,,

#BuselMaju,,

#KominfoBusel,,

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan