BERITA

PUBLIKSATU, LAPANDEWA – Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur. Salah satunya, tahun ini rencananya jalan menuju kampung nelayan di Desa Gaya Baru, Kecamatan Lapandewa akan dianggarkan pada APBD-P 2020.

Pengerjaan jalan ini diprioritaskan oleh Bupati Busel, H La Ode Arusani. Olehnya itu, ia sudah melakukan peletakan batu pertama didampingi dua Anggota DPRD Busel, Hj Wa Ode Ruhania dan La Muhadi. Juga turut hadir Camat Lapandewa, La Nilo dan Kepala Desa Gaya Baru, Wa Aua, Minggu (01/03/2020).

Bupati Arusani mengungkapkan, jalan sepanjang 800 meter tersebut dapat mempermudah aktivitas masyarakat nelayan Gaya Baru untuk memuat hasil tangkapannya.

“Ini membuka akses jalan ke tempat bersandarnya kapal nelayan. Termasuk ini nelayan susahnya harus ke sana semua, supaya kendaraan roda dua atau roda empat yang mengangkut hasil tangkapan nelayan bisa keluar masuk,” kata Bupati Arusani.

Kata dia, jalur tersebut juga bisa menuju dua wisata sekaligus yakni, wisata rumah nelayan dan akses ke situs Waburi, tempat tengkorak dan tulang belulang yang sudah ada sejak jaman dahulu. “Ada situs ribuan tengkorak belanda dan Jepang di sana,” klaimnya.

Di tempat yang sama Kades Gaya Baru, Wa Aua berharap agar pengerjaan jalan tersebut dapat terealisasi. Ia berharap dengan jalan tersebut bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat nelayan yang ada di desanya.

“Semoga jalannya cepat terealisasi dan bisa bermanfaat untuk masyarakat di Desa Gaya Baru ini,” harapnya.

Sumber : https://publiksatu.co/2020/03/01/bupati-arusani-letakan-batu-pertama-jalan-menuju-situs-waburi-di-desa-gaya-baru-185044

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan