BERITA

PUBLIKSATU, BATAUGA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Selatan telah menyetujui delapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Buton Selatan, Senin (02/03/2020).

Delapan Raperda yang disahkan menjadi Perda itu yakni, Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), pajak restoran, retribusi pemakaian kekayaan daerah, retribusi menara telekomunikasi, retribusi pelayanan tera/tera ulang, Raperda ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, rencana induk pariwisata, kawasan tanpa rokok.

Setelah mendengarkan pandangan umum fraksi dan gabungan komisi, Ketua DPRD Baubau, La Ode Armada menerima dan menyetujui Raperda tersebut untuk disahkan jadi Perda.

“Menerima dan menyetujui untuk menjadi Perda,” kata La Ode Armada sambil mengetuk palu sidang.

Sementara itu Bupati Buton Selatan, H La Ode Arusani melalui Sekda La Siambo, berharap dengan ditetapkannya Raperda tersebut dapat menjadi spirit untuk pembangunan daerah.

“Seluruh pemangku kepentingan, agar melaksanakan Perda ini secara totalitas bukan hanya sebatas dokumen. Tapi dijadikan acuan sebagai tindakan untuk pembangunan daerah,” kata La Siambo.

Seperti yang sudah dilansir media ini, La Siambo menjelaskan, terkait pembahasan RTRW Pemkab Busel berkomitmen mematuhi peraturan perundang-undangan. Busel telah memenuhi kewajiban DOB. Karena itu Pemkab menujukan komitmen bahwa untuk lebih serius memanfaatkan ruang yang maksimal dan efisien.

Siambo menjelaskan, Raperda pajak restoran merupakan salah satu kewenangan Daerah menarik retribusi fasilitas makanan dan minuman. “Pajak Restoran ini karena Busel telah menujukan adanya Restoran yang signifikan. Sehingga perlu penguatan dan penataan sehingga bisa dipungut sebagai PAD,” kata Siambo mewakili penjelasan umum Bupati Busel.

Lanjut dia, Pajak Restoran ini sebagai pemenuhan kapasitas hukum dan daya paksa pemberlakuanya. Kebijakan perpajakan merupakan salah satu perhatian KPK yang berintegritas melalui jaringan internet.

Dijelaskan, terkait Raperda kekayaan fasilitas daerah diterbitkan untuk pengendalian untuk dipihaknya ketigakan. Dengan tujuan menarik PAD.

Raperda Telekomunikasi ini Pemkab, dalam upaya penertiban dan mengetahui jumlah menara telekomunikasi di Busel. Terkait Perda ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dan kawasan tanpa rokok dalam upaya mewujudkan stabilitas dan sikap disiplin sehingga tercipta kesadaran dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan.

Dijelaskan, terkait Raperda Pariwisata ini secara sistematis dan terpadu akan dilakukan pengelolaan. Sebagai bagian keterpaduan dari pembangunan integral nasional.

Sumber : https://publiksatu.co/2020/03/02/delapan-raperda-buton-selatan-disahkan-jadi-perda-185146

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan