BERITA

Tahap demi tahap program pemberdayaan komunitas adat terpencil (PKAT) di Desa Lapandewa Jaya, Kecamatan Lapandewa, Buton Selatan (Busel) terlaksana satu demi satu.

Mulai dari pemetaan sosial (PS), penjajagan awal (PA) study kelayakan (SK) semiloka daerah, semiloka nasional, dan tiba pada pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik rumah warga binaan komunitas adat terpencil sebanyak 33 kepala keluarga yang telah rampung 100 persen.

 

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Busel, Insanu menyampaikan kiranya program tersebut tidak hanya sampe disini saja. Melainkan harus bersenergi dengan OPD-OPD (organisasi perangkat daerah) lain, untuk dapat turut serta berkontribusi di lokasi KAT yang masih membutuhkan fasilitas-fasilitas sarana air bersih, listrik, jamban keluarga, pustu, SD kecil, mushola dll.

Sementara itu Camat Lapandewa Umar Tama, mengatakan, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya program ini terutama dukungan penuh dari pemerintah kabupaten buton selatan dibawah pimpin plt bupati buton selatan h. La ode arusani.

Kegiatan penyiapan kondisi masyarakat (PKM) yang dilaksanakan Dinas Sosial Provinsi Sultra bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum rumah ditempati dan diserahkan kepada 33 KK warga.

 

Jadi terlebih dahulu perlu diberikan pembekalan dan bimbingan agar warga kat dapat hidup rukun, damai, sehat dan terhindar dari wabah penyakit serta hal-hal lain yang tidak kita inginkan bersama.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sultra Drs Kamaruddin yang akrab dipanggil daeng didampingi oleh Samsidar Silondae sebagai kasi kat dinas sosial Pemprov Sultra.

Di tempat yang sama petugas dari kementerian sosial RI Ihsan Nurdin dalam materinya menyampaikan, penyiapan kondisi masyarakat ini penting dilakukan.

Dikatakan, untuk mengetahui pentingnya program yang diberikan kepada warga. Yaitu berupa pemberdayaan komunitas adat terpencil, yang didalamnya banyak komponen komponen kegiatan yang menjadi hak bagi warga kat.

 

Apa hak bapak ibu, antara lain dapat rumah, jaminan hidup selama 6 bulan, dapat alat rumah tangga, dapat alat kerja dan dapat bibit tanaman pertanian/perkebunan.

Ditempat yang sama Plt Kepala Bidang Pemberdayaan dan Penanganan kemiskinan Haryadi didampingi oleh kepala seksi penanganan kemiskinan Nur Hardianti dan kasi pemberdayaan sosial Rosmiati Baso, tidak bosan bosan untuk menemui warga KAT.

“Karena mempunyai tanggung jawab moril untuk mendapingi setiap tamu yang datang ke lokasi kat, serta sudah menjadi tugasnya seorang asn yang membidangi pemberdayaan pada dinas sosial kabupaten buton selatan,” ujar Haryadi.

Warga KAT dusun Wucu, Desa Lapandewa Jaya antusias dalam mengikuti acara PKM, serta wajah mereka pun tetap ceriah dari mulai awal kegiatan hingga akhir acara, dan acara tersebut dilasksanakan di balai sosial kat tanggal 11 desember 2019. (aga)

Sumber : https://publiksatu.com/dinsos-sultra-gelar-pkm-di-lapandewa-jaya-169828

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan