GEOGRAFIS

Kabupaten Buton Selatan merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Buton di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan pusat pemerintahan terletak di Batauga sebagai ibukota kabupaten. Secara yuridis, Kabupaten Buton Selatan sebagai daerah otonomi resmi berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2014 Tanggal 23 Juli 2014 Tentang Pembentukan Kabupaten Buton Selatan di Propinsi Sulawesi Tenggara dan pelantikan Pejabat Bupati Buton Selatan oleh Menteri Dalam Negeri Tanggal 9 Oktober 2014.
Wilayah Kabupaten Buton Selatan terletak di Kepulauan Buton, jazirah tenggara Pulau Sulawesi. Secara geografis, terletak di bagian selatan garis khatulistiwa, memanjang dari Utara ke Selatan diantara 5o30’-6 o¬25’ LS dan membentang dari Barat ke Timur dantara 122’,20o–122,46o BT.
Secara administratif batas-batas Kabupaten Buton Selatan dapat dirinci sebagai berikut :

Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Betoambari, Kecamatan Sorawolio Kota Baubau dan Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Flores.

Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Wabula dan Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton dan Laut Flores.

Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Flores.

Kabupaten Buton Selatan memiliki wilayah keseluruhan ±509,92 km2 dengan daratan seluas ±348,00 km2 atau 34.800 Ha.

Jumlah kecamatan sebanyak 7 kecamatan, 60 desa, dan 10 kelurahan dengan rincian luas masing-masing kecamatan dapat dilihat pada tabel berikut.

Kondisi Geografis Kabupaten Buton Selatan, 2016

Letak Geografis Kebupaten Buton Selatan Menurut Kecamatan, 2016.

Jarak Dari Kecamatan, ke Ibu Kota Kebupaten Buton Selatan Menurut Kecamatan, 2016.

Peta Administrasi Buton Selatan