BERITA

KEPALA DINAS PU BUSEL, LA ODE MUHAMMAD IDRIS

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BATAUGA-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan merencanakan akan membangun ruas jalan baru yang akan menghubungkan Desa Lawela, Kecamatan Batauga hingga Kelurahan Todombulu, Kecamatan Sampolawa. Lebar jalan sekitar 30 meter yang direncanakan diwujudkan 2021 mendatang.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum LM Idris, rencana pembangunan jalan ini  dikoneksikan dengan penyelesaian RTRW. Dalam RTRW ini ada turunanya Rencana Detail Tata Ruang (RTDR). Saat ini ada update RTDR kecamatan Batauga. Dan penyusunan RTDR Kecamatan Sampolawa.

“Sehingga dalam pembahasan FGD itu termasuk ini yang dibahas. Di Sampolawa yang menjadi pembahasan juga kawasan APL,” katanya.

Dikatakan, rencana pembangunan jalan baru sangat perlu. Mengingat jalan berstatus provinsi yang ada saat ini mau diperlebar kemungkinan sangat susah. Yang paling parah sebagian diwilayah Batauga dan Sampolawa sudah sangat sempit.

Lanjut dia, inilah yang menjadi salah satu pertimbangan Pemda untuk membuka ruas jalan yang baru. Ini juga untuk pengembangan kawasan pemukiman Busel.

Kata Idris, lebar jalan direncanakan 30 meter. Ini menjadi cita-cita Bupati Busel H La Ode Arusani. Dinas PU sebagai perpanjangan tangan Bupati segera mewujudkan cita cita tersebut.

Kata dia, yang sudah dilakukan Dinas PU adalah tahun 2019 lalu sudah melaksanakan survei lokasi. Sudah ada titik koordinat, panjang bentanganya berapa, lebar 30 meter itu berapa kawasan luas hutan produksi dan hutan produksi terbatas yang dilewati. Kurang lebih 32 hektar yang dilewati untuk pembukaan jalan baru tersebut.

Lanjut dia, terkait hal itu, maka harus melalui prosedur mengusulkan izin ke Kementrian Kehutanan Lingkungan Hidup. “Dalam waktu satu dua hari ini kami akan ke Kendari akan berkoordinasi dengan perwakilan Kementrian BPKH,” katanya.

Pembukaaan jalan baru ini rencananya di buka dari Lingkungan Saumulewa, Kelurahan Todombulu, Kecamatan Sampolawa. Kemudian interkoneksinya ada yang melewati sebagian wilayah Sampolawa, ada yang dikawasan perkantoran Masiri.

“Jadi direncanakan pengerjaan jalan ini akan dilaksanakan tahun 2021 nanti. Dalam usulan kegiatan tahun 2021 tersebut sudah diusulkan,” katanya.

Ia menambahkan, tentunya walaupun sudah diusulkan tergantung kemampuan keuangan daerah. Apakah sekaligus dibuka atau secara bertahap.

Usulan pembangunan jalan itu sudah dilakukan untuk tiap kecamatan. Kenapa tidak disebut ruas karena khawatirnya nanti jangan sampai ada yang berubah. “Jadi makanya dibuat usulan untuk pembukaan ruas jalan perkecamatan,” ujarnya.

Setelah di tracking jarak jalan baru itu dari Saumulewa sampai di Lawela, Kecamatan Batauga itu sekitar 18 kilometer. Sedangkan jika jalan poros yang ada saat ini sekitar 32 kilometer. (aga)

Sumber : http://butonpos.fajar.co.id/jalan-baru-lawela-saumulewa-18-kilometer-kadis-pu-rencanakan-dibangun-2021/

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan