BERITA

Tahun 2020 mendatang, Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan (Busel) keciprat dana dari Kementrian Sosial (Kemensos). Bantuan itu melalui Direktorat Penanganan Fakir miskin wilayah III sebanyak 600 kepala keluarga atau 60 kelompok.

Kepala Dinas Sosial Busel H Kostantinus Bukide SH MSi mengatakan, bantuan ini diperuntukan bagi keluarga kurang mampu yang terdaftar dalam basis data terpadu (BDT). Syaratnya, telah terbentuk kelompok usaha bersama (Kube), memiliki embrio usaha.

“Realisanya tahun 2020 sebanyak 600 KK atau 60 kelompok,” katanya.

Kata dia, setelah terpenuhi persyaratan itu semua operator Dinsos menginput secara online menggunakan aplikasi Simontok yang terkoneksi langsung ke Kementrian Sosial RI.

Untuk mensukseskan program itu, Kemensos RI kini tengah melakukan seleksi pendamping KUBE penanganan fakir miskin wilayah III di Kabupaten Busel.

Perwakilan Kemensos RI dalam seleksi pendamping KUBE Isni Nuraini didampingi Ashifa mengungkapkan Dinsos Busel bukan hanya mendapatkan dana KUBE. Melainkan juga mendapatkan program rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak 100 unit. Serta sarana lingkungan (Sarling satu lokasi. Yang realisasinya tahun 2020 mendatang.

Sementara itu Sekdin Sosial Busel, Insanu menyatakan, proses seleksi ini benar-benar diumumkan secara terbuka untuk umum. Yang berada di Kecamatan Lapandewa dan Kadatua.

Ia juga berharap peserta yang dihasilkan nanti benar-benar harus memiliki integritas, intelektual serta nurani yang peka terhadap permasalahan sosial yang ada diwilayah dampinganya nanti.

“Jadi mudah-mudahan dapat pendamping yang berintegritas intelektual dan memiki nurani yang peka terhadap pemasalahan sosial,” harap Insanu didampingi team Kemensos RI Isni NUraini dan Ashifa. Saerta pewakilan Dinsos Provinsi Sultra Anna Carolina Pudjiastuty.

Sementara itu, Plt Kabid Pemberdayaan Sosial Haryadi mengungkapkan seleksi pendamping KUBE ini diikuti 18 orang peserta. Terdiri dari Kecamatan Lapandewa 12 orang. Kecamatan Kadatua 6 orang.

Dari 18 orang itu akan diseleksi secara ketat hingga mengerucut mendapatkan enam orang peserta terbaik. Kemudian akan melewati tes tertulis dan wawancara yang diuji langsung pihak Kementrian Sosial dan Dinsos Provinsi Sultra.

Untuk Kecamatan Lapandewa dari 12 orang akan disaring lagi sisa menjadi empat orang. Sedangkan dari Kadatua dari 6 peserta akan diseleksi lagi menjadi 2 orang.

“Pelaksanaan seleksi pendamping KUBE ini dimulai 3 Otober satu hari penuh di aula kantor Dinsos Busel,” ujar Haryadi.

Diharapkan seleksi pendamping KUBE ini dilakukan untuk mendapatkan pendamping KUBE yang smart, berintegritas tinggi. Serta mampu mengusai IT. Karena tugas para pendamping yang lulus seleksi satu orang pendamping akan mendampingi 100 kepala keluarga atau 10 kelompok. Serta membuat laporan secara online untuk tiap bulanya.

Sumber : https://publiksatu.com/kemensos-seleksi-pendamping-kube-di-busel-150738

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan