BERITA

Kendari, 19 September 2020, Peringatan Hari Perhubungan Nasinal Tahun 2020 Tingkat Sulawesi Tenggara di Pusatkan di Terminal Penumpang Tipe A Puuwatu Kota Kendari, Kementrian Perhubungan Republik Indonesia melalui Dirjen Perhubungan Darat melakukan Launching Pembangunan Infrastruktur Transpotasi Darat di Sulawesi Tenggara, acara turut di hadiri oleh Bapak Dirjen Perhubungan Darat, Bapak Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi,SH, Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Bapak Ir. Ridwan Bae, Bapak Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani serta unsur muspida dan Dinas Perhubungan Sesulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Tenggara menyampaikan Terima kasih kepada Bapak Ridwan Bae yang telah memperjuangkan aspirasi masyarakat Sultra. Pembangunan Simpul Transportasi menjadi sangat strategis dan prioritas untuk menhubungkan antar daerah mengingat Sultra terdiri dari Wilayah Kepulauan dan Daratan.

Kami Mewakili Rakyat Sulawesi Tenggara mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Kementrian Perhubungan terkhusus kepada Bapak Dirjen Perhubungan darat yang telah membawa program kurang lebih Rp. 300 M

untuk pembangunan simpul transportasi di Sultra.

Pembangunan Jembatan Buton Muna, Insya Allah akan dibangun Tahun 2021, terkait Jembatan Muna Kendari yang diusulkan Bapak Ridwan Bae akan kami perintahkan OPD terkait untuk meninjau segera, jika jembatan penghubung antar pulau ini sudah terwujud maka Sultra akan jadi satu kesatuan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI Drs. Budi Setiyadi,SH.,M.Si menyampaikan bahwa Kementrian Perhubungan pada Momen Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 ini, pihaknya melaunching pemangunan beberapa infrastruktur di Provinsi Sulawesi Tenggara diantaranya :

1. Terminal Tipe A Puuwatu di Kota Kendari

2. Pelabuhan Penyebrangan Kaledupa, Tomia dan Binongko di Kabupaten Wakatobi

3. Pelabuhan Penyebrangan Siompu dan Kadatua di Kabupaten Buton Selatan

selain itu Kementrian Perhubungan diminta Bapak Presiden untuk membangun 10 destinasi KSPN, salah satunya Kabupaten Wakatobi sebagai kawasan Sentra Pariwisata di Sultra.

Pembangunan beberapa dermaga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengakses dan konektivitas beberapa daerah di Sultra selain itu didalamnya terdapat Program Padat Karya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat sesuai arahan Bapak Presiden.

Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Ir. Ridwan Bae menyapaikan Saya selaku wakil rakyat Sultra, mengucapkan Terima kasih kepada Pak Dirjen Perhubungan Darat, yang senantiasa memberikan perhatian serius kepada Sultra, slah satunya Pembangunan Pelabuhan Fery Tomia, Binongko dan Siompu-Kadatua.

Masih banyak yg kita perjuangan di Sultra salah satunya adalah Pembangunan Jembatan Buton Muna Tahun 2021 selanjutnya Jembatan Tampo Torobulu jika ini selesai maka 80% wilayah di Sultra dapat terhubung.

Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani menggungkapkan, kami sangat bersyukur atas perhatian Kementrian Perhubungan dan Wakil Ketua Komisi V DPR-RI dalam rangka pembangunan infrastruktur perhubungan di daerah kami, karena kami sangat membutuhkan pembangunan Fasilitas penghubung antar pulau dengan daratan Batauga.

Pelabuhan penyebrangan Siompu dan Kadatua adalah berkah bagi Kabupaten Buton Selatan terkhusus Pulau Siompu dan Kadatua karena dengan terbangunnya fasilitas penyebrangan di kedua pulau ini akan membuka akses mobilitas masyarakat dan mengerakkan berbagai sektor unggulan menjadi potensi kedua pulau tersebut diantarnya ekonomi, perikanan dan pariwisata serta sektor lainnya.

Awalnya Masyarakat sangat gembira dan telah melakukan persiapan kegiatan namun karena kondisi wabah corona saat ini mereka dapat memaklumi, dan Pada kesempatan ini menitipkan kepada kami untuk menyerahka!n Bingkisan sebagai ungkapan terima kasih dan syukur masyarakat Siompu dan Kadatua yang seyogyanya sesuai jadwal awal kegiatan ini di Pusatkan di Kabupaten Buton Selatan, namun mengingat kondisi wabah Corona maka dilakukan di Kota kendari.

Harapan kami kedepan dapat dilanjutkan lagi Pembangunan Pelabuhan Penyebrangan di Bandar Batauga Kecamatan Batauga untuk menghubungkan konektifitas antara Siompu, Kadatua, Batuatas dan Batauga, atau bila perlu dibangun Pelabuhan Penyebrangan antar Provinsi di daerah kami Kabupaten Buton Selatan.

Sumber : Dinas Kominfo Busel

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan