BERITA

KBRN, Baubau : Kelompok Usaha Bersama (Kube) Siola dan Pendampingnya dari Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan (Busel) akhirnya mendulang prestasi di tingkat Nasional lewat Ajang Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera oleh Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin  Kementerian Sosial RI. Minggu,(25/11/2018).

Mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra), Kube Siola berhasil menyabet juara III tingkat Nasional sebagai Kube dan Pendamping berprestasi, dan mampu bersaing dengan 29 Kube lainnya dengan mempromosikan produk tenun tradisional sekaligus memperagakan cara menenun tradisional kain tenun Buton di Cibubur Jakarta.

“Mensos RI sangat mengapresiasi Kube Siola karena bersusah payah  datang ke Jakarta dengan membawa alat-alat tenun dan akhirnya tidak sia-sia dan mendapat tempat istimewa dalam ajang tersebut dibanding provinsi lainnya,”Ujar Nur Hardiyanti Kasi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan.

Jerih payah Kube yang diketuai oleh Nurhayati dan Pendamping Riyani cukup membuahkan hasil, sebab mampu menarik simpati Mensos RI Idrus Marham serta Dirjen, Direktur dan Para Kasubdit untung mewawancarai langsung duta Buton Selatan itu.

“Kelompok ini sebelumnya berhasil dalam ajang Kube dan Pendamping berprestasi  tingkat Kabupaten/Kota Se Sultra,”Lanjutnya.

Sementara itu Kasi Kelembagaan Sosial Dinsos Busel Haryadi mengatakan,prestastasi yang diraih tidak terlepas dari binaan dan bimbingan Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Prov Sultra serta Kepala  Dinas Sosial beserta Kepala Bidang dan Kepala Seksinya.

“Tanggal 15 November 2018 datang surat dari Kemensos dan memanggil para peserta lomba dan pendamping  berprestasi tingkat Nasional  untuk mengikuti seleksi di Bekasi  mulai 21 hingga 24 November dan Duta Prov Sultra dipercayakan kepada Kube Siola,”Jelas Haryadi.

Adapun Penerimaan Tropi  bagi Kube dan Pendamping berprestasi tingkat Nasional  akan dilaksanakan 20 Desember 2018 bertepatan dengan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Provinsi Gororntalo.(Nur).