BERITA

Sebanyak 48 peraturan daerah (Perda) dan satu Perda hak inisiatif DPRD Buton Selatan (Busel) lahir dalam masa pengabdian anggota DPRD periode 2014-2019.

Pengabdian anggota DPRD perode 2014-2019 ini resmi berakhir 1 Oktober 2019 kemarin.

“Selama masa pengabdianya DPRD masa jabatan 2014-2019 telah berusaha melaksanakan tugas fungsi dan wewenang seoptimal mungkin dalam rangka menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat,” kata Ketua DPRD Busel periode 2014-2019 La Usman dalam sidang paripurna sumpah janji jabatan anggota DPRD periode 2019-2024 di Aula Lamaindo.

Kata dia, harapan masyarakat Busel menjadi motivasi pendorong DPRD Busel masa jabatan 2014-2019 agar lebih berusaha dengan segala upaya untuk membawa dan mengawal perubahan di Kabupaten Busel ke arah yang lebih baik berorientasi pada tata pemerintahan yang baik (Good Goverment). Dengan mewujudkan kabupaten Busel yang beradat sebagai mana yang termuat dalam visi dan misi Busel.

Ia mengungkapkan, DPRD pada masa bakti 2014-2019 juga telah menggelar rapat-rapat, baik internal dewan maupun dengan perangkat daerah, hearing, dialog interaktif dengan eksekutif, dan dialog komunikatif dengan kelompok masyarakat atau unsur masayrakat dan stakholder lainya. kunjungan kerja serta kegiatan reses untuk menjaring dan menampung aspirasi masyarakat dengan menerima kunjungan dan penyampaian aspirasi masayrakat.

Dari kegiatan itu tercatat rapat paripurna dilaksanakan 151 kali, Bamus DPRD 66 kali, rapat Banggar DPRD 16 kali, Rapat badan pembentukan Perda dilaksanakan 4 kali, rapat legislasi satu kali, rapat internal DPRD dua kali, rapat komisi 23 kali, rapat fraksi 27 kali, rapat kerja komisi DPRD bersama eksekutif dilaksanakan 62 kali, rapat dengar pendapat 32 kali.

Dari hasil kegiatan DPRD masa jabatan tahun 2014-2019 dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenanganya telah menghasilkan produk hukum daerah sebagai pelaksanaan dari fungsi legislasi DPRD.

Ia menuturkan dari hasil produk legislasi DPRD menghasilkan Perda Busel berjumlah 48 buah, hak inisiatif berjumlah satu Perda. Peraturan DPRD berjumlah dua, Keputusan DPRD 72, keputusan pimpinan DPRD sembilan.

Dikatakan, dalam melaksanakan fungsi anggaran anggota DPRD masa jabatan tahun 2014-2019 bersam Pemkab senantiasa berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah guna meningkatkan kemandirian pembiyaan pembangunan daerah.

“Sedangkan dalam melaksanakan fungsi pengawasan DPRD bersama Pemkab. Alhamdullah pada tahun 2019 ini Pemkab Busel mendapatkan opini penilaian BPK terhadap laporan dan pertanggungjawaban APBD dinilai baik dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ujarnya.

La Usman juga menyapaikan ucapan selamat datang dan selamat bekerja kepada anggota DPRD masa jabatan tahun 2019-2024 dan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh komponen Pemkab, Plt Bupati serta jajarannya. Forkompinda instansi vertikal TNI, Polri seluruh komponen dan elemen masyarakat Busel serta insan pers juga stakholder terkait yang telah membantu mendorong dan bekerja sama dengan DPRD dalam mengoptimalkan tugas fungsi dan wewenang dan kewajiban selama lima tahun ini dengan harapan semoga menjadi amal ibadah disisi Allah SWT.

Sumber : https://publiksatu.com/masa-bakti-anggota-dprd-busel-periode-2014-2019-berakhir-150305

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan