BERITA

Realisasi percepatan penyelesaian pembangunan 10 unit kantor organisasi perangkat daerah (OPD) Buton Selatan (Busel) di Kelurahan Masiri tak cukup 10 hari lagi sudah berakhir masa kontrak bersama pihak ketiga. Sesuai laporan evaluasi, baru empat kantor yang mencapai 100 persen realisasi pembangunannya.

Seperti informasi yang dikemukakan Sekda Busel Drs La Siambo kepada media ini di Kantor Bupati Busel, Selasa (17/12). Meskipun demikian ia tetap optimis pembangunan 10 unit kantor OPD itu bisa selesai sebelum tutup tahun 2019.

 

Ia menyebutkan, sesuai hasil evaluasi untuk realisasi pembangunan 10 unit Kantor OPD baru empat kantor yang sudah mencapai 100 persen realisasi pembangunan fisiknya.

“Dananya yang 100 persen realisasi pembangunan itu segera akan dicairkan,” katanya.

Kata dia, sementara kantor lainya yang secara bersamaan juga dibangun. Namun sedikit terlambat realisasi baru sekitar 85 persen.

Paling dibawah lanjut dia, realisasinya kantor OPD Litbang baru 70 persen. Kantor Litbang ini sebelumnya ada sedikit hambatan. Namun sudah ada solusinya dan dilanjutkan dikerjakan pembangunan. Tapi baru mencapai 70 persen hingga saat ini.

 

Sedangkan untuk kantor Dinas Pemadam Kebakaran bahan material bangunan saat dikirim dari Surabaya Jawa Timur dalam perjalanan jalur laut tenggelam. Namun sudah diganti oleh pihak ketiga.

“Sudah diganti barang yang tenggelam itu, Insya Allah bisa selesai sesuai target, ” katanya.

Ia menambahkan pembangunan 10 unit kantor desember ini sudah harus direalisasikan. Sehingga tahun 2020 sudah bisa dimanfaatkan dengan harapan pelayanan dan disiplin ASN semakin meningkat.

Ia optimis realisasi pembangunan 10 unit Kantor ini seluruhnya bisa selesai 100 persen sebelum tutup tahun 2019. Karena itu ia berharap pihak ketiga untuk mempercepat proses pembangunan.

” Insya Allah sebelum berakhir Desember 2019 ini sudah selesai semua pekerjaan sudah 100 persen sesuai kontrak yang ada, ” katanya.

 

Ia juga mewanti-wanti seluruh OPD agar mempercepat dan efektif dan efisien serta akuntabel pelaksanaan realisasi anggaran tahun 2019 ini. Jika tidak rencana pinjaman daerah yang sudah dalam perjuangan tak bisa direalisasikan karena tersandung syarat ketentuan minimal 95 persen realisasi serapan anggaran.

“Makanya kita berharap seluruh OPD ini fokus dan bekerja secepatnya tidak hanya mengejar target tapi juga harus mengedepankan kualitas dan akuntabilitas laporan keuangan, ” katanya.

Sebelumnya, Kabag Tapem Setda Busel Martosiswoyo mengaku sangat optimis percepatan pembangunan 10 unit kantor OPD di tahun 2019 ini sesuai target yang sudah ditentukan. Total kantor OPD di Busel 33 unit diluar kantor Bupati dan DPRD yang direncananya dibangun secara bertahap.

“Saya optimis bisa selesai sebelum berakhir tahun 2019 ini,” katanya kepada awak media di Rujab Bupati.

Menurut mantan Camat Batauga ini, tahun 2019 untuk dibangun ada 10 kantor. Bupati Busel menjanjikan tahun 2020 kemungkinan akan ditambah 10 kantor lagi. Namun hal itu bersifat situasional sesuai kondisi keuangan daerah. Namun ini menjadi target pemerintah daerah skala prioritas pembangunan kantor OPD.

“UNtuk soal lokasi belum ada kepastian dimana lokasinya, tapi ditargetkan tahun 2020 ada 10 kantor lagi yang dibangun yang akan disesuaikan keuangan daerah,” katanya.

Ia menjelaskan, jika sudah terbangun kantor OPD diharapkan menjadi pemicu semangat para ASN di Busel untuk terus bekerja maskimal untuk mengabd kepada daerah memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

 

Total anggaran untuk 10 OPD ini Rp 11 miliar. Hampir seluruh kantor 1 miliar tiap kantor. Limid waktu pengerjaan perkantoran ini sekitar Desember. “Insya Allah melihat progres pengerjaan kami optimis bisa mencapai target pembangunan,” katanya.

10 unit kantor OPD yang dibangun di atas lahan APL di Kelurahan Masiri, Kecamatan Batuaga disiapkan 12 hektare. Total luas lahan kawasan perkantoran yang dibangun untuk 32 OPD seluas 27 hektare.
Adapun anggaran pembangunan 10 unit kantor itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Busel tahun 2019 sekitar Rp 11 miliar.

Kantor OPD yang menjadi skala prioritas dibangun tahun 2019, yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk), Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), dan Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol).

Terpisah, Plt Bupati Busel La Ode Arusani berjanji untuk tahap pertama pembangunan kantor OPD 10 unit. Tahun 2020 ditambah 10 kantor OPD lagi. Dilanjutkan tahun 2021 sisa kantor OPD yang belum terbangun. Ditargetkan tahun 2021 sudah selesai semua pembangunan kantor OPD.

Ia menjelaskan, seluruh dokumen sertifikat lahan, analisis dampak lingkungan (Amdal) dan proses admnistrasi lain juga sudah selesai. “Sebelum Desember 2019 ini 10 kantor OPD ini sudah selesai semua di bangun,” harap Ketua DPC PDIP Busel ini.

 

Ia menambahkan, sedangkan untuk pembangunan Kantor Bupati dan DPRD akan direncanakan pasca rampung semua pembangunan kantor OPD. Namun itu sifatnya masih bisa berubah sesuai kondisi keuangan daerah.

Kata dia, namun pembangunan kantor OPD yang diprioritaskan lebih dulu sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal lagi.

Ia berharap dari tiga DOB pihaknya akan mengupayakan Busel yang terdepan dari daerah lain. “Kami memimpin daerah ini fokus kami bekerja, bekerja, dan bekerja untuk membangun daerah. Kami mengabdi untuk daerah dan rakyat karena jabatan ini amanah. Dan akan kami pertanggungjawabkan dunia akhirat,” ujarnya.

Arusani menargetkan, seluruh kantor OPD akan rampung 2021. Direncanakan baru dilanjut dengan pembangunan kantor bupati dan DPRD. “Karena DPRD masih ada kantor yang lebih representatif begitupun dengan kantor bupati. Kita manfaatkan dulu kantor yang ada,” tutupnya. (aga)

Sumber : https://publiksatu.com/pembangunan-10-gedung-opd-busel-baru-empat-kantor-kelar-100-persen-171946

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan