BERITA

Sampolawa, Selasa 2 Februari 2021, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 tingkat kecamatan hari kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Lapandewa. Musrenbang hari kedua ini dilaksanakan di kantor Kecamatan Sampolawa dan dibuka langsung Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani diwakili Asisten I Setda Buton Selatan, Yusuf Hibali serta turut dihadiri sejumlah Kepala OPD, perwakilan TNI/Polri, dan camat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Buton Selatan, Amril Tamim menjelaskan, Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah kecamatan.

Dasar Musrenbang dilaksanakan atas amanah UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembagunan daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJPD, RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah

Musrenbang Kecamatan bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

"Serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah kabupaten/kota," katanya.

Prioritas pembangunan Kabupaten Buton Selatan dalam rancangan RKPD tahun anggaran 2022 mencakup beberapa aspek. Mulai dari peningkatan aksesbilitas dan layanan infrastruktur dasar dan pemerintahan yang berkualitas, peningkatan antisipasi degradasi lingkungan hidup, peningkatan kualitas mutu dan akses layanan kesehatan, dan implementasi reformasi birokrasi secara menyeluruh.

Kemudian peningkatan nilai tambah produk lokal unggulan daerah, perwujudan iklim investasi yang kondusif, optimalisasi penanggulangan kemiskinan, ekonomi dan perluasan lapangan kerja, serta pengembangan kekayaan budaya dan pariwisata daerah.

Sementara fokus pembangunan berdasarkan prioritas pembangunan menitikberatkan pada investasi dan perekonomian yang maju, tata kelola pemerintahan yang professional dan konduktifitas daerah yang baik. Sehingga tema pembangunan Kabupaten Buton Selatan Tahun 2022 yakni "Buton Selatan Tangguh Ekonomi Bangkit".

Sasaran yang ingin dicapai terutama meningkatnya konektivitas dan pemerataan pembangunan infrastruktur dasar, menigkatkan kualitas lingkungan hidup, meningkatnya kualitas pembangunan manusia, meningkatkan kualitas dan akuntabilitas kinerja, meningkatnya pengelolaan keuangan daerah, berkembangnya sektor-sektor unggulan yang berbasis potensi lokal, meningkatnya kapasitas angkatan kerja lokal, meningkatnya taraf hidup masyarakat, serta meningkatnya kualitas pengelolaan budaya dan pariwisata.

"Semoga sinergitas antara kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan dan prioritas pembangunan Kabupaten Buton Selatan bisa lebih optimal," tandasnya.

Informasi tambahan, Musrenbang RKPD 2022 tingkat kecamatan ini akan dilaksanakan secara bertahap hingga seluruh kecamatan se-kabupaten Buton Selatan melaksanakan giat yang sama.

Sumber : Kominfo Busel

Penulis : Sukri

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan