BERITA

Kendari, 14 Desember 2020, Bupati kabupaten Buton Selatan H. La Ode Arusani, menghadiri Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia Tahun 2020, Bertempat di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara, Hadir pada Acara Tersebut Gubernur Sulawesi Tenggara Bapak H.Ali Mazi, SH, Bapak Wakil Gubernur Sultra Bapak Dr. H. Lukman Abunawas, SH.,M.Si, Kakanwil Kemenhum Sultra Bapak Sofyan,S.Sos,SH.,MH , Forkompinda serta Bupati/Walikota Sesulawesi Tenggara, kegiatan ini berlangsung secara Virtual dengan Bapak Presiden RI Joko Widodo dan Kementrian terkait.

Bapak Presiden Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan Pemenuhan Hak Asasi Manusia menjadi pilar penting bernegara, Peringatan Hari Hak Asasi Manusia yang jatuh pada Tanggal 10 Desember setiap Tahunnya, sesuai dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia 10 Desember 1948, hal tersebut sesuai dengan UUD 1945 bahwa Hak Asasi manusia adalah tanggungjawab negara.

Bapak Menteri Hukum dan HAM menyampaikan bahwa Peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2020 mengusung Tema Recover Better Stand Human Rights dan dilakukan secara virtual, selain itu pada Peringatah Hari HAM ini Kemenrian Hukum dan HAM mengumukan Hasil Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM yaitu dari 514 kab/kota Se-Indonesia telah dilakukan penilaian oleh Tim Penilai yang mana 259 Kabupaten/Kota atau 59% dinyatakan sebagai Kab/kota PEDULI HAM.

Guberner Sulawesi Tenggara dalam arahanya sebelum menyerahkan piagam penghargaan kepada Kabupaten Kota menyampaikan Hak Asasi Manusia bersifat universal pada setiap diri sehingga wajib dipenuhi dan dilindungi. hal ini mengharuskan kita selaku penyelenggara negara mulai daringkat pusat hingga ke kabupaten/kota untuk memenuhinya sesuai amanat UUD 1945.

Selamat bagi 9 kabupaten/kota yang telah memenuhi penilai sebagai Kabuapaten/kota PEDULI HAM kepadanya diharapkan untuk mempertahankan dan meningkatkan kepeduliannya serta bagi 5 Kabupaten/Kota dengan Penilaian CUKUP PEDULI HAM agar meningkatkannya di tahun mendatang dan bagi 3 kabupaten/kota yang belum mendapatkan penilaian untuk berbenah diri sehingga tahun depan seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara dapat penilaian Peduli HAM.

Kabupaten Buton Selatan Tahun 2020 menjadi tahun 4 Secara Beturut-turut memperoleh Predikat Penghargaan sebagai Kabupaten PEDULI HAM, Penghargaan ini diterima langsung oleh Bapak Bupati H. La Ode Arusani dan Serahkan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara mewakili Menteri Hukum dan HAM RI.

#BuselBerdayaSaing,,

#BuselMaju,,

#KomInfoBusel,,

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan