BERITA

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan mulai melaksanakan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Buton Selatan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengedalian Corona Virus Disease 2019.

Hari ini, Sabtu 26 September 2020, sosialisasi dilaksanakan serentak di dua kecamatan. Masing-masing Kecamatan Sampolawa dan Kecamatan Lapandewa yang dibagi dalam dua tim dengan jumlah masing-masing 10 orang.

Tim I di Kecamatan Lapandewa dipimpin Sekretaris Daerah Buton Selatan, La Siambo diwakili Kepala Bagian Hukum Setda Buton Selatan, Samrizal SH, Kominfo, Dinkes, Perhubungan, BPBD, Pol PP, TNI dan Polri.

TIm II di Kecamatan Sampolawa dipimpin langsung Asisten III Setda Buton Selatan, La Ashari, Kominfo, Dinkes, Perhubungan, BPBD, Pol PP, TNI dan Polri.

Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan di daerah sesuai Instuksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 dan Instuksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2020.

Dalam Perbup 22 ini diatur mengenai pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, sanksi, pengawasan dan penindakan, sosialisasi dan partisipasi, dan pendanaan.

Setiap orang wajib melakukan perlindungan kesehatan yang meliputi menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu ketika keluar rumah, berinteraksi dengan orang lain dan menggunakan kendaraan bermotor.

Mencuci tangan secara teratur dengan air mengalir dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktifitas. Melakukan pembatasan interaksi fisik dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan mereapkan PHBS.

Setiap orang yang melanggar kewajiban akan dikenai sanksi berupa teguran lisan, kerja sosial dan/atau denda administratif.

Sosialisasi akan dilanjutkan besok, Minggu 27 September 2020 di Kecamatan Siompu dan Siompu Barat dengan tim yang sama. Lalu dilanjutkan Senin, 28 September 2020 di Kecamatan Batauga dan Kadatua.

Sisanya Kecamatan Batuatas akan dilaksanakan pada Oktober. Tim sosialisasi akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Sumber : Dinas Kominfo Busel

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan