BERITA

PUBLIKSATU – Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani melantik Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Lagunci Desa Bahari III, Kecamatan Sampolawa, Minggu (26/7/2020) sekitar pukul 15.00 wita.

Dalam pengukuhan Pokdarwis perdana di Busel itu mengangkat tema pemuda sebagai ujung tombak pengembangan pariwisata.

Bupati Arusani mengatakan, Pokdarwis Lagunci yang beranggotakan 49 orang itu bisa menjadi pilot project atau sebagai percontohan untuk desa-desa lainnya di Buton Selatan. Olehnya itu ia meminta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel agar segera mengajak seluruh pemuda yang ada di 70 desa/kelurahan untuk membentuk Pokdarwis.

“Alhamdulillah pemuda kita mulai bangkit untuk membangun Busel secara bersama-sama melalui pariwisata. Saya merasa bangga, tanpa ada anggaran tiba-tiba kita diundang untuk kita SK-kan. Saya minta sama Kadis pariwisata tolong mulai tahun depan ajak pemuda kita, saya butuh 70 desa kelurahan itu dibantu,” Kata Bupati Arusani dalam sambutannya.

Lebih lanjut kata dia, pengembangan pariwisata Busel tidak serta merta hanya pemerintah daerah saja, melainkan seluruh elemen masyarakat khususnya para pemuda yang punya niat mengembangkan, melestarikan potensi pariwisata dan kearifan lokal Buton Selatan.

“Dengan lahirnya ini saya merasa sudah terbantu. Di tangan pemuda Buton Selatan akan maju, sama dengan daerah-daerah lain,” imbuhnya.

Bupati Arusani saat foto bersama Pokdarwis Lagunci Desa Bahari III, Kecamatan Sampolawa

Lebih lanjut ia berharap kepada Pokdarwis Lagunci agar mengemban tugas, amanah dan tanggung jawab yang telah diberikan. Sebagai Pembina, Bupati Arusani mengajak agar Pokdarwis Lagunci dapat melakukan kampanye pariwisata serta melakukan pembinaan kepada masyarakat terkait potensi pariwisata dan kearifan lokal di desa.

Juga sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang pariwisata serta meningkatkan produk wisata untuk Buton Selatan berdaya saing.

Perlu diketahui, pada pengukuhan Pokdarwis Lagundi itu turut hadir Tim Penggerak PKK Busel, Hj. Wa Ode Ruhania, Ketua DPRD Busel, La Ode Armada, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Sultra Bapak Baso Rani Muchtar, Dinas Pariwisata Sultra Bidang Pengembangan Pariwisata, Ali Ahmadi.

Sumber : https://publiksatu.co/2020/07/26/pemuda-ujung-tombak-pengembangan-pariwisata-bupati-arusani-kukuhkan-pokdarwis-lagunci-196082

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan