BERITA

La Ode Mpute

Dokumen Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Buton Selatan (Busel) tinggal menunggu penyelesaian dokuen Kajian Lingkungan Hidup Strategis yang sementara digenjot.

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar seminar akhir penyusunan revisi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buton Selatan.

Dalam penyusunan RKLH ini dihadiri tiga narasumber. Nurmiaty dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin. Aminuddin Mane Kandari dan Safril Kasim dari LPPM Universitas Halu Oleo (UHO).

Asisten II Setda Buton Selatan, La Ode Mpute meminta kepada seluruh stakeholder dan OPD agar mengambil peran dalam penyusunan KLHS. Dokumen ini sempat menjadi polemik akibat terkatung-katung tak jelas penyelesaianya. Padahal sudah dianggarkan.

“Sebagai instrumen peran serta stakeholder, OPD sangat penting dalam penyusunan KLHS RPJMD,” kata La Ode Mpute saat membuka acara seminar akhir penyusunan revisi KLHS di aula Kantor Bupati Buton Selatan.

Berdasarkan Permendagri 7 Tahun 2018, KLHS merupakan rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan atau Kebijakan, Rencana dan Program (KRP).

Melakukan kajian guna memastikan bahwa kebijakan dan program yang termuat dalam dokumen RPJMD Busel mengintegrasikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dijelaskan, tujuan giat ini untuk melakukan analisis sistematis, menyeluruh dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan pembangunan berkelanjutan ke dalam dokumen RPJMD. Juga sebagai instrumen untuk menerapkan prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dalam menyusun RPJMD

Rekomendasi kedua soal RTRW Busel yang belum rampung. Terkait RTRW ini prosesnya tinggal satu tahapan lagi yakni Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Tahun ini dipastikan dokumen KLHS itu sudah tuntas.(aga)

Sumber : https://publiksatu.com/rtrw-busel-menunggu-klhs-170667

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan