BERITA

Kondisi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelautan Kadatua Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang dibangun dengan anggaran miliaran rupiah dari dana Bansos Pemerintah Pusat kian memprihatinkan. Bangunan mulai rusak, akses jalan masuk dari jalan utama juga tidak ada.

Selain itu, aktivitas belajar mengajar juga tak berjalan. Betapa tidak, saat ini sekolah tersebut tak ada lagi siswanya.

Memprihatinkan di tengah kondisi daerah menggenjot pengembangan potensi unggulan di sektor perikanan dan kalautan.

SMK Kelautan Kadatua dibangun beberapa tahun lalu (sebelum Busel mekar dari Kabupaten Buton). Saat ini kondisinya kian tak terurus.

Hal itu menarik perhatian komisi II DPRD Busel. Dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Busel, Pomili Womal, Ketua Komisi II, La Ode Ashadin, Wakil Ketua Karlina Sukarman serta para anggota komisi II, Lismayarti, La Ishaka, La Opo langsung mengkonsultasikan sekolah tersebut ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sultra, Jumat (1/11).

Rombongan komisi II DPRD Busel ini diterima langsung Kepala Disdikbud Sultra, Asrun Lio, di ruang kerjanya.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Busel, Karlina Sukarman mengungkapkan, konsultasi dilakukan untuk meminta Disdikbud Sultra mengaktifkan kembali SMK Kelautan Kadatua. Selain itu, agar akses jalan masuk dari jalan utama juga bisa dibangun. Pihaknya juga meminta Disdikbud Sultra untuk menyikapi persoalan tersebut.

Terkait jabatan kepala sekolah, kata dia, itu menjadi kewenangan pemerintah provinsi, dalam hal ini Disdikbud Sultra. “Intinya kami mengkonsultasikan agar bagaimana caranya SMK Kelautan yang ada di Kadatua itu bisa diaktifkan kembali,” jelas Karlina.

Lebih lanjut politisi muda PDIP ini mengatakan bahwa dari konsultasi ini akan ditindaklanjuti dengan meninjau langsung SMK Kelautan Kadatua. Komisi II DPRD Busel tinggal menunggu kesiapan waktu tim dari Disdikbud Sultra.

Persoalan pendidikan di tujuh kecamatan di Busel memang sedang menjadi salah satu fokus perhatian komisi II DPRD Busel.

Sebelumnya juga Karlina mengatakan, persoalan pendidikan ini menjadi perhatian serius komisi II DPRD Busel untuk terus dikawal dan mendapat perlakuan serius serta skala prioritas.

“Persoalan pendidikan kita ini menjadi skala prioritas komisi II khususnya kami akan perjuangan kendala-kendala maupun keluhan di sekolah-sekolah yang ada,” katanya saat ditemui beberapa waktu lalu di DPRD Busel usai dilantik.

Ia menambahkan, kabupaten memiliki potensi pariwisata. Maka dari itu idealnya sejak dini ada program khusus atau wajib para siswa-siswi pandai berbahasa ingggris untuk mendukung pariwisata itu.

Karena tidak menutup kemungkinan kedepan akan ada turis mancanegara yang berkunjung ke Busel. Maka sejak dini mata pelajaran guru bahasa Inggris harus mendukung siswa-siswi bisa berbahasa Inggris. “Jadi menerut saya siswa SMA atau dimulai dari SMP atau paling tidak SD sudah harus bisa berbahasa Inggris. Mesti sejak dini kita persiapkan,” katanya.

Sumber : https://publiksatu.com/smk-kelautan-kadatua-memprihatinkan-komisi-ii-dprd-busel-konsultasi-disdikbud-sultra-159382

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan