BERITA

Sasaran TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-106 di Kelurahan Majapahit sangat dirasakan dampaknya bagi pemilik lahan di wilayah tersebut. Tidak hanya menggotong sejumlah infrastruktur, namun juga membuka perluasan pemukiman baru.

Hal tersebut nampak dari bembukaan akses jalan baru sepajang 930 meter. Pembukanaan jalan baru ini selain menghubungkan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Batauga dengan SMPN 3 Batauga, juga meningkatkan status lahan milik warga setempat mejadi kelas I.

Tak hanya itu pembukaan jalan baru juga berdampak pada pembukaan kawasan pemukiman baru di wilayah Kelurahan Majapahit, Kecamatan Batauga.

Selama ini akses jalan antara SMAN 2 dan SMPN 3 Batauga belum tersambung. Hanya dapat dilalui melalui jalur utama poros Batauga-Sampolawa.

Hadirnya TMMD ini sangat dirasakan sejumlah warga setempat manfaatnya. Seperti yang terlihat beberapa akhir ini. Sejumlah personel TNI bersama warga bersama-sama membersihkan ruas jalan baru tersebut.

Pembangunan jalan melibatkan prajurit TNI sebanyak 23 orang dan masyarakat dibagi perkelompok. Tiap hari sebanyak 30 orang.

“Sasaran TMMD di Kelurahan Majapahit melaksanakan pembukaan dan pengerasaan jalan baru yang menghubungkan SMAN 2 Batauga dengan SMPN 3 Batauga di Kelurahan Majapahit dengan ukuran lebar 8 meter dan panjang 930 meter,” kata Dandim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan yang juga Satgas TMMD ke 106 yang dipusatkan di Kecamatan Batauga.

Lanjut dia, sementara untuk sasara kegiatan non fisik meliputi penyuluhan bahaya ISIS dan radikalisme, melaksanakan medsos, melaksanakan penyuluhan narkoba, penyluhan pertanian, penyuluhan kesehatan, penyuluhan wawasan kebangsaan.

Total personel yang diterjunkan yang memback up TMMD sebanyak 150 orang dari berbagai satuan TNI bekerja sama dengan semangat bergotong royong bersama masyarakat setempat.

Sekda Busel La Siambo mengaku, TMMD di Busel diharapkan mampu mendorong semangat percepatan pembangunan Busel. Salah satunya yang dibangun kegiatan fisik dan non fisik.

“TMMD ini bagi kami Pemkab sangat terbantu, ini menjadi penambah semangat percepatan pembangunan Busel,” harapnya ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya akhir pekan lalu.

TMMD adalah program terpadu lintas sektoral, sehingga dalam penerapannya, TNI tidak bekerja sendiri namun menggandeng banyak pihak. Mulai dari pemerintahan daerah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta sejumlah stakholder lainya.

TMMD merupakan perwujudan dari Operasi Bhakti TNI selain program Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Program yang bekerjasama pemerintah daerah ini untuk mendorong berhasilnya pembangunan nasional hingga ke pelosok.

Tujuan TMMD ini untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah demi mensejahterakan masyarakat. Program ini menurutnya juga mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat.

TMMD terfokus pada pekerjaan fisik dan nonfisik meliputi pembangunan infrastruktur, keamanan, kesehatan, dan pendidikan.

Untuk itu, kerja sama dan koordinasi yang baik antara instansi daerah serta partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan.

Program TMMD tahun ini adalah suatu wujud nyata TNI dalam mendukung pemeritahan membangung masyarakat Desa. Membangun desa sendiri merupakan salah satu program dalam operasi bakti TNI.

Diharapkan antara warga dan TNI dapat memupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, serta membangun semangat nasionalisme kepada warga.

Ia menambahkan, Pemkab Busel sangat merespon positif dan mendukung penuh kegiatan ini. Apalagi kabupaten Busel tengah gencar-gencarnya percepatan pembangunan. Diharapkan dengan kehadiran TMMD ini menjadi semakin memotivasi Pemkab dalam percepatan mewujudkan pembangunan daerah.

Sumber : https://publiksatu.com/tmmd-buka-jalan-baru-930-meter-di-batauga-151791

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan