BERITA

TNI menunggu membangun Desa (TMMD) ke-106 di Kabupaten Buton Selatan (Busel) resmi digelar. Upacara pembukaan digelar di Lapangan Lakarada Batauga, Rabu (2/10). TMMD ini dipusatkan di Kelurahan Majapahit dan Masiri, Kecamatan Batauga hingga 31 Oktober 2019.

Plt Bupati Busel H La Ode Arusani bertindak sebagai inspektur upacara. Dihadiri Dandim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan, Dandim Muna, Kapolres Buton, Wabub Buton Iis Eliyanti, sejumlah kepala OPD lingkup Busel, Forkompinda, sejumlah ASN, pelajar SMA dan SMP lingkup Batauga.

Secara resmi Bupati Busel dan Dandim 1413 Buton menandatangani MoU TMMD.

Selain itu secara simbolis Plt Bupati Busel H La Ode Arusani menyerahan cangkul, sekopang dan linggis sebagai tanda dimulainya pengerjaan fisik yang diserahkan kepada perwakilan masyarakat, personel Polri dan TNI.

Dalam sambutannya Plt Bupati Busel H La Ode Arusani mengatakan, TMMD ke 106 tahun 2019 inilah bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta gotong royong untuk mengatasi persoalan persoalan kebangsaan. Senergi tas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta pemerintah pusat dan daerah.

Melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa. Untuk memajukan desa menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat.

Kata dia, data BSPS tahun 2018 mencatat persentase penduduk miskin Kabupaten Busel sebesar 14,82.Untuk itulah terus memfokuskan program penanggulangan kemiskinan dipedesaan.

Dengan prinsip gotong royong.
TMMD kali ini mengangkat tema melalui TMMD kita mewujudkan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat.

Menurutnya, apabila dikaitkan dengan kondisi kebangsaan saat ini. Tema tersebut sangatlah tepat. Sejarah telah mengajarkan kepada kita. Bahwa semangat kebersamaan kegotong-royongan serta persatuan dan kesatuan. Merupakan senjata ampuh bangsa Indonesia. Dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan.

Ia juga berharap TMMD kali ini bisa disisipkan program-program yang menggugah wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme. Ini penting mengingat maraknya hoax, bully dan ujaran kebencian yang muncul ditengah-tengah kehidupan.

Dan berpotensi memecah belah bangsa. Mari kita sadarkan masyarakat tentang arti penting persatuan dan kesatuan bangsa demi Indonesia raya.

“Kita ingin didesa-desa di Busel makin maju dan sejahtera dengan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokalnya, ” katanya.

Desanya maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakatnya komplek SDM nya makin berkualitas unggul, mandiri punya spritualitas tinggi, tidak ada narkoba, kreatif dan inovatif. Serta mempunyai karakter kebangsaan yang kuat.

Falsafah Bholimo karo sumano liputan menjadi pegangan kita dan harus bisa kita wujudkan bersama mari bersama kita angin Indonesia mulai dari desa.

Dandim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan mengatakan, sasaran dari TMMD ini ada beberapa kegiatan fisik dan non fisik.

Untuk kegiatan fisik yakni pembangunan masjid dua lantai di lingkugan Kolowu Morikana, Kelurahan Masiri. Pembangunan balai pertemuan di lingkungan Kolowu, Kelurahan Masiri.

Dan pembukaan ruas jalan baru menghubungkan SMAN 2 Batauga dan SMPN 3 Batauga di Kelurahan Majapahit.

Personel yang diterjunkan ada 150 orang dari berbagai satuan.

TMMD di Busel dirangkaikan sejumlah kegiatan diantaranya penghijauan dilapangan Lakarada, pelayanan pasar murah, pelayanan KB, sosialisasi isu radikal terorisme, sunatan massal. Pembangunan fisik jalan lingkungan, masjid dan Balai pertemuan di Kelurahan Masiri dan Majapahit. 

Sumber : https://publiksatu.com/tmmd-kodim-1413-buton-ke-106-di-busel-resmi-dibuka-150562

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan