BERITA

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan mulai melakukan pemutakhiran data Sustainable Development Goals (SDGs). Hari ini, Selasa, 30 Maret 2021, dimulai dengan launching relawan pendataan SDGs Desa di Kecamatan Batauga yang dipusatkan di aula Gedung Serbaguna Desa Lawela.

Launching dilakukan Bupati Buton Selatan, H.La Ode Arusani diwakili Asisten III Setda Buton Selatan, Laode Harwanto, S.Pd,. M.Si. Turut hadir Kepala BPMDes, Kadis Kominfo, Tim Ahli Pendamping Desa, dan utusan tim pendata dari desa se-Kecamatan Batauga.

Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III mengatakan, saat ini semua desa di Indonesia termasuk di Kabupaten Buton Selatan tengah melaksanakan pemutakhiran data SDGs sebagai salah satu dokumen pendukung dalam penetapan Indeks Desa Membangun (IDM) guna mendukung pembangunan berkelanjutan.

Selanjutnya, penetapan status ini akan menjadi dasar penghitungan pengalokasian dana desa tahun 2022. Untuk itu, semua pihak termasuk para kepala desa agar menyukseskan pendataan SDGs ini.

"Saya sudah mendengar informasi bahwa pelaksanaan pendataan SDGs di Kabupaten Buton Selatan sedikit berbeda dengan 14 kabupaten lainnya di Sultra. Dimana kabupaten lain hanya fokus melakukan pendataan sesuai dengan aplikasi SDGs yang telah disediakan oleh Kementerian Desa dan PDTT. Namun di Buton Selatan, tim tenaga ahli telah memformulasi format pendataan SDGs tahun 2021 sehingga kebutuhan data yang dibutuhkan SKPD juga dapat terjawab," katanya.

Dengan begitu, ide tim tenaga ahli di Kabupaten Buton Selatan ini akan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan ketersediaan data sehingga satu data untuk Kebupaten Buton Selatan dapat terwujud.

"Terima kasih kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Buton Selatan yang telah mampu mengkoordinir dan mengendalikan semua pendamping desa sehingga pelaksanaan pembangunan desa dapat terlaksana dengan baik," katanya.

Bupati juga mengucapkan selamat menjalankan tugas pendataan SDGs kepada seluruh tim pendata se-Kecamatan Batauga. Semoga semua tahapan pendataan dapat terlaksana dengan baik untuk kepentingan pembangunan yang berkelanjutan di Buton Selatan.

Penulis : Tim Liputan Diskominfo Buton Selatan

Editor : IKP Diskominfo Buton Selatan

Penanggung jawab: Kepala Diskominfo Buton Selatan

by : Admin

Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan

Laompo, Batauga, Kabupaten Buton
Sulawesi Tenggara 93752

  Lokasi Kantor Bupati Kabupaten Buton Selatan
Link Penting

Lokasi Kabupaten Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan terletak disisi selatan Pulau Buton, klik link berikut untuk melihat posisi di Google Maps

  Lokasi Kabupaten Buton Selatan